July 13, 2013

Pacific Rim!


FILM INI! Film ini yang gue tunggu di awal Juli. Kenapa gue rada hype gini? Well, karena masa kecil gue diisi dengan tontonan seperti Gundam, Power Ranger, Ultraman, Transformer, dan berbagai macam kartun lainnya yang bertemakan monster raksasa yang menginvasi dan mengancam kelangsungan hidup di bumi, gue sangat senang ketika ada film box office yang mengangkat tema tersebut. And yes, this time there really is Monster, not only Robot.

Satu kata untuk film ini, keren! Mungkin ada beberapa orang di luar sana yang bilang kalau cerita film ini gampang ketebak. They are not wrong. Seperti Gundam atau Power Ranger atau Ultraman, pada akhirnya bumi akan selamat dan si monster dan kawan-kawannya pun mati *yah spoiler deh*. Cuma yang berbeda dari film ini justru adalah proses mengalahkan monster-monster tersebut.

Pacific Rim adalah film garapan Guillermo del Toro yang bercerita tentang Kaiju, monster yang datang dari dimensi lain untuk menginvasi dan memusnahkan kehidupan di bumi agar dapat mereka tinggali. Seperti tagline dari film ini, 'To fight monsters, we created monsters" manusia di bumi membuat 'lawan' sepadan berupa robot-robot eksoskeleton raksasa yang dinamakan Jaeger yang dikendalikan manusia sebagai pilotnya lewat koneksi melalui otak dan tubuhnya. Misi mereka adalah membasmi Kaiju yang datang serta menghancurkan portal yang menjadi pintu masuk yang menghubungkan Kaiju dari dunianya ke bumi.

Hal yang paling gue suka dari Pacific Rim adalah adanya sentuhan emosi di setiap cerita dari masing-masing karakter. Film ini boleh bertemakan Robot versus Monster, tapi juga tidak kehilangan sentuhan 'manusianya'nya. Dan Del Toro ini bisa dibilang cerdas. Dengan spesial efek yang wah, bugjetnya pasti nggak kecil. Tapi doi akalin dengan pemain-pemain yang walaupun nggak punya nama sebesar Brad Pitt, Tom Cruise, Will Smith, dkk., sukses bikin penonton terkesima karena aktingnya juga bukan akting kacangan. Siapa yang hapal mati sama nama-nama seperti Charlie Hunnam, Idris Elba, Rinko Kikuchi, Charlie Day? Yap, mereka adalah salah empat dari tokoh-tokoh utama di Pacific Rim. 

Oh yes, dan poin plus film ini adalah ngga ada cewek cengeng! Rinko Kikuchi sebagai satu-satunya pemeran utama wanita di film ini diceritakan sebagai wanita, yang walaupun memiliki masa lalu yang menyakitkan, dia tetap kuat dan bahkan ikut bertempur melawan Kaiju. 

Intinya, Pacific Rim adalah film yang membuat lo bilang "Alah, ntar juga endingnya si monster mati, terus bumi damai lagi". Iya, bilang begitu boleh tapi dijamin akan tetap tegang dan terkesima saat nonton filmnya. Two thumbs up untuk film yang lebih menjual cerita ketimbang pemainnya. 

Jadi, terlepas dari jalan cerita yang bisa ditebak, semuanya terbayar dengan efek yang keren dan permainan emosi setiap karakternya. Dan yes, sekali lagi ada film yang membuat imajinasi masa kecil gue tersalurkan. :)

2 comments:

  1. dan aku suka endingnya itu di tengah laut and no kissing scene seperti kebanyakan film luar

    salam kenal :D

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga :) Iya dan itu jadi poin plus juga hehe

    ReplyDelete